Pengertian dan Fungsi Anchor Bolt

Pengertian dan Fungsi Anchor Bolt

Pengertian Anchor Bolt

Anchor Bolt atau disebut juga Baut Angkur adalah baut khusus yang dipergunakan untuk melampirkan suatu material ke permukaan yang keras seperti beton, aspal, batu bata, dll. Anchor bolt terdiri dari ujung berulir (mur) yang digunakan untuk menopang beban pada baut. Anchor bolt mempunyai berbagai macam bentuk, ukuran, dan bahan tergantung pada aplikasi dan persyaratan beban yang akan memakai anchor bolt. Anchor bolt adalah jenis pengikat yang dirancang sedemikian rupa untuk menghubungkan elemen struktur (material) dengan pondasi atau beton.

Anchor bolt atau baut angkur merupakan logam berulir panjang dengan bentuk yang bulat seperti baut pada umumnya yang memiliki beberapa variasi ukuran dan bentuk tertentu sesuai dengan jenis dari anchor bolt. Anchor bolt dibuat menggunakan material baja dengan tingkat kekuatan dan kekerasan yang sangat tinggi karena aplikasi dari anchor bolt akan menerima beban kerja yang tinggi.

Baca Juga : Anchor Bolt Fender

Fungsi dan Penggunaan Anchor Bolt

Penggunaan anchor bolt sebagian besar dipergunakan dalam bidang konstruksi yang memungkinkan kontak antara struktur konstruksi dengan permukaan beton atau pondasi. Tujuan dan fungsi utama dari penggunaan anchor bolt yaitu untuk memposisikan struktur atau kolom tersebut supaya tepat pada tempat dan menjaganya agar tetap stabil. Selain itu anchor bolt berfungsi untuk memindahkan beban lateral pada struktur dan gaya angkat (uplift load) dari tempat yang akan diletakannya anchor bolt yang menuju ke pondasi.

Anchor bolt mempunyai kapasitas yang terbatas dalam menopang gaya geser, sehingga pada aplikasi beban dengan reaksi lateral yang sangat besar yang dapat menggunakan Shear Lugs untuk menopang gaya geser yang berlebih tersebut. minimal penggunaan jumlah anchor bolt yang harus terpasang pada penempatan bangunan logam, sesuai dengan peraturan OSHA (Occupational Safety and Health Administration) untuk ereksi baja adalah empat buah (4).

Baca Juga : Pengertian dan Jenis-Jenis Dynabolt

Jenis-Jenis Anchor Bolt

Secara umum anchor bolt terdapat dua jenis yaitu cast in place dan post installed. Untuk anchor bolt jenis cast in place yang memungkinkan anchor bolt dipasang pada saat pengecoran beton sehingga dapat menyatu dengan sempurna pada beton. Namun pada beberapa kondisi seringkali lokasi anchor bolt dapat bergeser saat dilakukannya pengecoran beton, atau ketika anchor bolt dipasangkan setelah pondasi atau beton telah jadi maka dapat menggunakan jenis post installed anchor.