Dilatasi Gedung

dilatasi gedung

Dilatasi Gedung

Dilatasi adalah sebuah pemisahan atau sambungan pada suatu konstruksi bangunan karena sesuatu hal memiliki sistem struktur yang berbeda. Hal tersebut dilakukan agar pada saat terjadi adanya beban (gaya vertikal atau horizontal, seperti saat pergeseran tanah atau gempa bumi) pada bangunan tidak menimbulkan kerusakan dan keretakan atau putusnya sistem struktur bangunan tersebut.

celah dilatasi

Dilatasi Bangunan, biasanya dipergunakan pada:

  • Bangunan yang mempunyai tinggi berbeda (pertemuan antara bangunan yang rendah dengan bangunan yang tinggi).
  • Pemisah antara bangunan induk dengan bangunan sayap.
  • Bangunan yang memiliki kelemahan secara geometris.
  • Bangunan yang memiliki panjang lebih dari 30m.
  • Bangunan yang berdiri diatas tanah yang tidak rata.
  • Bangunan yang di daerah rawan gempa.
  • Bangunan yang mempunyai bentuk denah bangunan T, L, O, H, Z dan U.

Macam – macam Dilatasi

Ada 4 macam dilatasi, antara lain :

  1. Dilatasi 2 kolom

Dilatasi dengan 2 kolom biasanya digunakan untuk bangunan dengan bentuk yang memanjang (linier). Dengan adanya dilatasi maka jarak kolom dengan yang lain akan menjadi pendek.

  1. Dilatasi Balok Kantilever

Dilatasi juga dapat dilakukan dengan struktur balok kantilever. Bentang dari balok kantilever maksimal sepertiga dari bentang balok induk. Pada saat dilokasi dilatasi bentang kolom dirubah (diperkecil) menjadi 2/3 dari bentang kolom yang lain.

  1. Dilatasi Balok Gerber

Sistem dilatasi ini digunakan pada saat menginginkan jarak kolom tetap sama. Sistem ini memiliki kelemahan pada saat adanya beban horizontal yang cukup besar (diakibatkan gempa bumi), maka akan berakibat fatal (lepas dan jatuh).

  1. Dilatasi Konsol

Dengan system dilatasi ini jarak kolom dapat dipertahankan sama dengan yang lain. Umumnya dipergunakan pada bangunan yang menggunakan material penggabungan bagian – bagian intinya (prefabrikasi).

Baca Juga : Expansion Joint Seal (Karet Dilatasi Gedung)

Dalam penerapan sistem dilatasi harus benar – benar diperhitungkan. Karena saat dilatasi yang terlalu sempit dan apabila terkena pergeseran akibat gaya vertikal maupun horizontal akan menimbulkan banyak masalah, mulai dari kerusakan dilatasi itu sendiri, kebocoran yang sulit sekali diperbaiki, sampai kerusakan pada bagian lain yang diakibatkan saling bertabrakannya balok bangunan satu dengan yang lainnya.

dilatasi gedung

Demikian informasi tentang dilatasi yang harus anda ketahui, semoga informasi dari kami dapat bermanfaat. Sebagai informasi tambahan gadabinausaha.com menyediakan karet isian dilatasi (expansion joint seal) sebagai solusi mencegah kerusakan dilatasi gedung berikut jasa installasi karet dilatasi, asphaltic plug untuk jembatan, dan karet serta logam konstruksi dermaga, jembatan dan bangunan lainnya dengan material yang berkualitas dan harga yang kompetitif. Apabila anda membutuhkan karet dilatasi, jangan ragu untuk menghubungi dan mengkonsultasikannya kepada kami. Gada Bina Usaha siap menghadirkan produk karet isian dilatasi yang berkualitas sesuai permintaan anda dan dengan harga yang sangat kompetitif.